Monday, February 22, 2016

Beli Handphone Online

sourceLtechnobufallo.com

Saat ini banyak sekali marketplace yang menawarkan jual beli barang dengan harga yang bervariatif. Waktu itu, karena tiba tiba handphone merek Samsung saya rusak, maka haruslah saya menggantinya. Pengalaman saya menggunakan Samsung cukup menyebalkan. Beberapa di antaranya adalah harus memiliki satu aplikasi untuk boost up kecepatan dalam proses programmingnya. Kemudian, kalau sudah error, banyak sekali kendalanya, dari tidak bisa buka aplikasi, keluar aplikasi, bahkan yang terparah sampai merestart sendiri.

Karena itu saya putuskan untuk beralih ke Apple yang memang sangat eksklusif untuk kepemilikan program pendukungnya. Aksesoris dan komponennya tebilang lebih mahal dibanding kompetitornya.

Waktu itu saya mengincar Iphone series 5. Dimana ternyata, di semua apple store yang resmi sudah tidak menjual. Adapun, mereka menjual Iphone 5C dan bahkan IPhone 4S denagn harga promo. Iphone 5C selain case nya yang terbuat dari plastik, banyak sekali orang yang tidak mendukung series ini. Bahkan waktu itu, produksinya saja sudah dihentikan.


Dengan harga hampir 5 juta, iphone 5C berkapasitas 16 GB dipasarkan lewat toko resmi. Kemudian, saya coba untuk melihat marketplace untuk barang sejenis. Ternyata rata-rata harganya jauh di bawah harga si toko resmi. Begitupun untuk Iphone 5C dengan kapasitas yang lebih besar. Kepiawaian saya membrowsing tidak berhenti sampai situ.

Akhirnya saya melihat untuk series Iphone5 memilik harga 3.8 juta untuk memori yang paling besar, 64GB. Saya pun tidak langsung percaya, karena harga yang ditawarkan bervariatif antar sesama penjual. Nah, salah satu kepercayaan saya memilih satu reseller dan marketplace, karena ada satu website yaitu adadiskon yang membantu untuk promosi si seller tersebut. Saya pikir, kalau dia mau bantu, setidaknya sudah ada trust kalau memang toko tersebut memang benar menjual. Bukan penipuan.

Kemudian saya memutuskan untuk membeli dari salah satu dari seller tersebut. Komen yang banyak dipasang, hampir semuanya positif. Dari barang rapih, cepat datang, sesuai ekspektasi dan lainnya.
Benar saja, barang yang datang sesuai dengan yang saya ekspektasikan. Walau ternyata barang yang murah pasti tetap ada defect atau cacatnya. Apakah itu?

Kalau kamu mau tahu keaslian atau palsunya, Pertama bisa cek dari capability handphone tersebut dalam mengakses Itunes atau App store. Kalau sudah bisa diakses, dan kamu bisa melakukan transaksi beli lagu, program, dan lainnya. Berarti handphone tersebut aman. Untuk case saya, saya lolos dalam tahap itu. Tetapi, dalam hal spare, saya cukup mendapat zonk.

Dalam waktu kurang dari 6 bulan, dua spare hatus saya ganti. Yaitu button home dan lock yang berada di kanan atas. Total dari biaya perbaikan sekitar 300-400 ribu. Sebenarnya ada sih garansi dari suppliernya. Tetapi kalau saya pakai garansi, pertama, saya tidak ada backup handphone. Kedua, butuh waktu lagi untuk antar dan jemput handphonenya. Belum lagi, waktu yang dibutuhkan untuk proses perbaikan tidak tahu berapa hari.

Tapi kalau dihitung hitung, biaya tersebut masih menguntungkan, dibanding saya harus memiliki iphone5C dengan kapasitas memori paling kecil. Harganya pun masih di atas total biaya beli handphone ditambah perbaikannya. Well, semuanya kembali lagi ke pillihan masing-masing.

No comments:

Post a Comment