Saturday, December 8, 2012

Kenapa harus takut operasi?

Operasi. Suatu tindakan medis yang dilakukan praktisi kesehatan untuk membantu mengobati keluhan seseorang. Banyak banget orang yang takut akan dioperasi dengan segala macam alasan dan penyebab. Yang saya ketahui operasi itu dibagi menjadi dua yaitu operasi kecil dan besar. Operasi kecil biasanya tidak membutuhkan anesteasi (obat bius) total, jadi pada bagian yang dioperasi akan mengalami mati rasa seperti kalau kita "kesemutan" banget.

Kalau operasi besar, biasanya kita akan dibius total, dimana kondisi kesadaran kita akan ditiadakan. Seperti layaknya kita tidur namun tidak terjadi rasa sakit pada saat tubuh kita dioperasi. Nah, banyak yang sudah mulai takut dioperasi dengan dibius total nanti akan tidak bangun lagi. Dengan kata lain meninggal. Yang saya tahu, setiap kita dibius pasti ada dosis tertentu. Kalau kamu sudah dibius dengan dokter anestesi yang jam terbangnya tinggi, masa iya bakal kebablasan? Lalu rasanya dibius total itu ya seperti orang tidur aja. Tidak sadar apa-apa.

Selain itu, adanya bekas luka biasanya menyebabkan kita takut dioperasi. Umumnya yang takut akan alasan kedua ini adalah orang yang sangat memperhatikan tubuh mereka. Luka ini terjadi akibat sayatan pisau atau bekas jahitan. Apabila genetik kamu memiliki bakat keloid, ya pasti akan susah hilangnya deh bekas operasi tersebut. 
source: diseasepictures.com


Ada beberapa pemikitran yang menggelitik tentang ketakutan seorang terhadap operasi. Tulisan ini lebih cenderung saya tujukan kepada laki-laki. Kenapa? Umumnya masyarakat Indonesia menjalankan adanya sunat pada saat masih kecil. Sunat atau circumcision adalah pengambilan sedikit kulit katup pada ujung batang penis yang merupakan bermuaranya kotoran. Nah, tuhan sebenarnya adil. Sewaktu kita kecil diberikan operasi yang kecil. Ketika anda sudah dewasa dan besar, masa tidak berkembang untuk mengalami rintangan yang lebih besar? Padahal anda mengharapkan suatu perkembangan yang lebih besar setiap harinya.

Operasi merupakan suatu jalan hidup yang tidak semua orang mengalaminya. Kalau anda merupakan salah satu diantaranya. Anda adalah orang yang terpilih. Berarti mental dan jiwa anda lebih besar dibandingkan orang yang tidak menjalani operasi. Karena sesungguhnya tidak ada orang yang dapat menerima tantangan yang tidak sesuai dengan kapasitasnya. Dan ingat, kehidupan ini seperti roda. Setelah anda mengalami siksaan dalam tanda kutip tapi pada akhirnya anda akan menemukan sesuatu yang berharga. Namun, apabila anda tidak bisa menjalani step ini dengan ikhlas, yang ada anda hanyalah memberhentikan roda tersebut tidak pernah kembali ke atas. Tetap di bawah pada jalur harus menerima keadaan.

16 comments:

  1. Bagus bnget wacananya... really like it...

    ReplyDelete
  2. Bagus bnget wacananya... really like it...

    ReplyDelete
  3. Iya nih, aq takut dioperasi, disuntik aja sudah merinding.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe takut itu perasaan yg bisa dihilangkan lho.. :)

      Delete
    2. Cara menghilangkannya gimana? oiya, operasi itu sakitnya berapa lama?

      Delete
    3. Ya tadi dengan memiliki pikiran yg positif bahwa kita dioperasi dgn tenaga medis yg profesional begitupun pasca operasinya. Jgn berpikiran yg jelek. Wajtu operasj gak ada rasa sakitnya sama sekali tuh :)

      Delete
    4. Maksudnya rasa sakitnya setelah dioperasi mas, rasa sakitnya masih bisa ditolerir gak? Itu berlangsung berapa hari? Mas pernah operasi ya?
      Maaf banyak nanya, masih fobia terhadap operasi soalnya. Nanti tubuh kita diiris, digunting, dipotong, waduh ngeri membayangkannya.

      Delete
    5. Pernah. Sakitnya memang beda-beda, bergantung bagoian tubuh apa dulu yg dioperasi, Kalau sakitnya sih tidak ya, saya lebih ke arah mual dan muntah karena efek obat bius yang diberikan tadi selama dua hari. Sewaktu saya mau dioperasi, saya gak pingin tau malah dimana dan gimana badan saya yang dioperasi. Toh, malah tidak membuat hati makin tenang.

      Delete
    6. Berapa hari ya mas bekas operasinya sembuh? Nanti setelah operasi diberi painkiller gak?

      Delete
    7. iya pasti diberi, kalau bekas luka kebetulan saya punya bakat kiloid. Tapi katanya ada salep yang bisa untuk hilangkan itu, harusny dr bedah tau si

      Delete
  4. bro ,,ane bentar lgi dioperasi,,tpi ane msih tkut dibius total ,,:'( klo dibius total itu klo udh slesai kan dioperasi,,nah itu nnti bangun sendri?dibangunin?atau disuntik lgi,, :'( apakah benar abis dibius total itu kyk tidur yh? :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibangunin kok... Kan ada dosisnya juga. Jadi harusnya dalam waktu sekian lama obatnya abis dan kamu bisa bangun. :)

      Delete
  5. Saya juga mau doperasi tapi bius sebagian dan ada benjolan dibagian leher itu jika doperasi bisa nengok ngak ke arah yg ada benjolannya? dan sesudah efek obat bius apa langsung terasa sakitnya?

    ReplyDelete