Thursday, May 3, 2012

literatur kuliah anak ipb



 Hanya ingin berbagi info dan tips mengenai cara saya mendapatkan literatur. Literatur yg biasa gw cari terdiri dari tiga sumber yaitu jurnal ebook dan internet (skripsi pasti temen2 uda pda jago). Saran awal dari gw, jangan takut duluan kalo baca dengan referensi bahasa inggris karena ada sistem (ctrl f) untk menemukan keyword dengan sangat mudah.

1.jurnal berbagai link langsung yg bsa mendapatkan gratis
a) misal, nutritionj.com (khusus untuk mahasiswa gizi)
b) Kalau temen2 ke LSI (perpustakaan IPB) coba ke layanan komputernya disitu banyak banget jurnal dari Elsevier. Kalau uda dapet yang dimau nanti tinggal bilang petugas bayar 5rb (tidak boleh ngopi ke fd or bawa cd sendiri (2007-2012)) atau teman-teman bisa send ke email sendiri.
c) Setiap ilmu pasti punya perkumpulan semacam simposium atau widyakarya. Pasti ada satu kumpulan yang disimpen oleh dosen atau ditaro di perpustakaan departemen. Cobalah ditanyakan.

2.ebook

Temen2 bisa download di addebook.com/biomed (kalo diminta register gampg kok gratis lagi)
a) softarchive.net
b) npu.edu (tinggal register, gratis karena kita tinggal di indonesia)
c) klik di search image google judul bku tsb. Misal judulnza doraemon. Nanti ditulisnya rapidshare doraemon atau megaupload doraemon.


3.internet
a) klik google scholar
b) klik google book
c) klik kata kunci yg kita mau di tab search google dan manfaatkan advance setting yg ada.
Tips2nya
1.pelajari keyword topik penelitian kita dgn sinonim2nya
2.cari dgn format pdf biasanya akan keluar jurnal atau abstrak
3.jika dalam sbuah artikel ada pustakany telusurin aja bisanya ada di internet sehngga lw bisa dapet sumbernya dari tangan pertama.
4. filter pencarian dgn mengubah .com menjadi.edu atau .gov sehinga pustakanya menjadi tidak populer seperti di majalah atau tabloid.
5. Perjelas lagi dan lagi apa yang pingin kita cari dengan memberi tanda kutip pada 2 kata yang tidak mau dipisah, misal bina desa dengan "bina desa" akan mencari dua hal yang berbeda.

1.2. Untuk teman-teman IPB, sebagian skripsi sudah bisa didownload pdf-nya disini http://repository.ipb.ac.id/

4. Buku
Banyak dari kita yang sudah males membuka buku apabila bukunya sudah berbahasa inggris dan tebalnya menyamai buku kalkulus sewaktu TPB. Pasti teman-teman sudah menyerah kalau mencarinya dimulai dari daftar isi. Coba mulai dari sekarang, mulai mencari dari glossary dan temukan subjek yang dicari. Btw males jangan dipelihara, dibuang saja.

5.Repository
Haduh.. ini sih kebuka semua rahasia perusahaan ipb. Tapi yasudahlah, ilmu kan mesti dibagi-bagi. Sok klik repository IPB tinggal disearch di websitenya


Selamat mencari, kalau menurut kalian ada tambahan atau kekurangan kasi masukan ya... thankyou

4 comments:

  1. Jasa Pencarian Literatur / Pustaka / Jurnal untuk Penelitian (Skripsi, Tesis, Disertasi, Perusahaan)

    http://cariliteratur.biz.nf

    cepat, akurat, mudah dan murah

    ReplyDelete
  2. whaha, Faktor globalisasi yang telah merambah di dunia pendidikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sekarang itu gampang banget kalau mau buat penelitian, gak mesti dateng n kopi dari perpus. Tinggal pakai sistem ctrl F aja. Yang penting2 baru diprint. Lebih efektif disemua aspek

      Delete