Tuesday, December 25, 2012

Bule kere n bokis

Halo semuanya, saya harap semuanya baik-baik saja di musim hujan dan batuk ini. Karena belum ada lagi topik makanan yang asik jadi saya mau cerita aja salah satu pengalaman unik sewaktu saya masih training di Thamrin. Tapi saya janji sebentar lagi akan ada lagi postingan tentang teripang.. Yeay....

Jadi begini ceritanya. Proses training saya untuk menjadi asistant manager membutuhkan waktu kurang lebih dua bulan. Di dalamnya, saya belajar banyak hal. Awal kali saya masuk, saya diajakrkan tentang equipment yang ada di dalam toko dan bagaimana cara menggunakannya. Kemudian saya diajarkan bagaimana cara membuat produk yang baik dan benar. Hingga akhirnya dipertengahan, saya harus belajar melayani tamu di depan atau biasa dikenal dengan mbak atau mas kasir. 

Nah kebetulan, jam operasional store saya adalah 24 jam. Yang berarti ada satu waktu kerja yang mengharuskan saya berada 9 jam di store. Dimulai dari jam 22.00 hingga 07.00 pagi hari. Sebenarnya saya anaknya kurang bisa begadang kecuali memang sangat butuh dan harus minum kopi. At least 2 jam saya harus tidur sebelumnya. Tapi yang namanya masih training kan tidak memiliki beban seberat sewaktu in charge sekarang jadi ya saya jalani saja saat itu.


Denger denger dari para karyawan lain, kalau hari jumat dan sabtu, nanti suka banyak tamu yang aneh-aneh. Yang paling umum mabok, muntah di counter, melakukan hubungan seksual di toilet, sampe pernah ada yang ngeluarin pistol. Aduh yang terakhir rada horor juga, walau katanya rada mabok dan pelurunya dikeluarin tapi kan gimana gitu... Jam yang paling enak untuk belajar adalah ketika tidak terlalu banyak tamu karena bisa meluangkan waktu yang cukup banyak kalau loadingnya lama. 

Suatu kali saya berdua dengan teman training saya di waktu jam malam sekitar 02,00 melayani satu bule. Bule tersebut memesan makanan non paket yang paling mahal sebanyak 3 porsi. Sambil ngalor ngidul dia mengaku dari Inggris dan ngomong ngelantur kemana-mana. Selain si bule, ada juga orang India yang lagi mesen di counter sebelah coca cola medium. Eh tiba-tiba si bule bilang, "do you know that this Indonesian will give you less drink because your skin is black. Trust me" Wanjiiir sial banget tuh bule, emang kita rasis apa.. Untungnya si India gak mabok dan waras, dia sih ketawa ketawa aja karena tahu si bulenya bego.

Nah udah terakhir burgernya jadi, dia ternyata ngaku tadi order makanan paket. Setelah makananya uda jadi, dia minta di take away. Yang berarti PR banget uda dimukanya dia terus minta kita kerja tambahan. Yang paling klimaks adalah, dia tiba-tiba mau langsung ngambil meal nya tanpa bayar. Dia ngeluarin berbagai macam struk dari dompetnya dan ngaku udah bayar. Saya dan teman saya yang dalam kondisi zonk saat itu langsung manggil karyawan senior untuk menghandle. Si bule tetep gak mau bayar dan malah dia ngasi tip 100.000 sebagai balas budi. Padahal meal dia berharga 170.000. Gak mau nombokin akhirnya tuh bule kere kita kejar sampe luar. Finally, dia mau bayar untungnya.

Setelah kejadian itu, saya agak sedikit parno untuk berada di counter khususnya di jam midnight pada saat menjelang weekend. Harusnya orang Inggris itu kan santun dan ramah, eh ini kok error product begini. Bisa jadi juga dia bohong sik. Udah gitu struk yang dia keluatin, isinya minuman alcohol semua sampe sekian shot. Waduh, salah satu pengalaman kerja yang unik.

2 comments:

  1. Hello, I enjoy reading all of your article. I like to write a little comment to support
    you.
    My blog ; tilted tunnel gameplay

    ReplyDelete
    Replies
    1. hey thanks, can you read bahasa? Or you just translate it?

      Delete