Monday, December 31, 2012

Balada berat badan atau gak boleh numpang?

Saya hidup dan tinggal di keluarga yang berkecukupan. Rata-rata semua keluarga saya menggunakan mobil untuk bepergian. Jarang sekali yang menggunakan motor. Semasa saya hidup, saya sudah ditanamkan untuk jangan bepergian atau membawa motor sendiri. Kendaraan umum lebih baik demi keamanan dan keselamatan. Namun naik ojek atau nebeng sih masi diperbolehkan. 

Dengan adanya pola pikir tersebut sedari kecil saya jadi enggan untuk mengendarai motor. Ujung ujungnya saya baru belajar naik motor sejak sewaktu Kuliah Kerja Profesi di Kepulauan Karimunjawa. Untungnya juga, saya bisa naik sepeda jadi tidak memakan waktu yang cukup lama untuk belajar bermotor. You can name it motor apa yang saya pelajari di Karimun. Yah, walau cuma tiga jenis, motor matic, motor bebek, hingga motor trail yang untuk patroli ke hutan saya jabani untuk belajar. Tapi sangat lumayan daripada cuma bisa naik sepeda.


Tapi, begitu balik lagi ke Jawa, lagi-lagi saya jadi jiper untuk naik motor. Pertama kaki saya sudah dioperasi, kedua saya tidak punya SIM, dan terakhir situasi jalanan sangat tidak kondusif walau itu semua balik ke pengendaranya ugal-ugalan atau tidak. Hal tersebutlah yang membuat saya harus menumpang dari satu orang ke orang yang lain kalau kendaraan yang ada adalah motor. Dan, entah kenapa kalau di total total saya sudah membuat empat motor bannya bocor hingga saat ini. Now, look at the case. Berat badan saya normal bahkan ideal. Yang boncengin saya sampai saat ini juga tidak over tuh berat badannya? Ke empat kasus tersebut akan saya ceritakan secara singkat di bawah:

1. Jaman SMA, bepergian ke UI Depok demi melihat festival anak sastra Jepang. Ban motor si Aman bocor di depan Universitas Pancasila. Alhasil kita dorong di bawah terik matahari yang sangat panas.  Dan sampai shalat jumat pun kena jemuran matahari. Siang itu cuma terpikir panasnya neraka supaya bisa nahan kesabaran.

2. Jaman kuliah buat ngambil standing banner di kota Bogor. Yang boncengin adek kelas. Waktu itu saya udah bisa nyuruh-nyuruh hehe. Sewaktu habis ngelewatin hutan cifor, tiba-tiba bannya bocor. Untungnya hawa adem non hujan dan tukang tambal bannya dekat dari TKP. Kalau yang ini bisa dibawa santai keadaannya.

3. Jaman kuliah akhir, sewaktu bantuin temen kosan yang barangnya seabrek buat ke rumahnya. Niatnya sih bantuin, tapi ditengah jalan malah bikin bocor. Udah gitu sikonnya di hari Minggu yang bikin menjadi jadi, tukang tambal bannya susah banget dicari. Kesimpulannya, membantu orang atau malah jadi ngerepotin orang ya? Ah saya malah jadi bingung.

4. Jaman kerja ketika shift malam. Sebelumnya nebeng sama Aqil nyantai aja. Eh kedua kalinya setelah saya turun, baru ada 5 meter tiba-tiba bunyi 'dor' dari motornya. Saya yang mau bantuin udah keburu jauh dan udah malem pula. Hari itu saya hanya bisa memanjatkan doa dan maaf dari bbm. 

Yak sekian uneg-uneg di akhir tahun masehi. Masih banyak yang belum diceritain. Termasuk janji mau review teripang yang gagal karena lagi gak musim beranak pinak. Dibeliinnya kima. What is Kima? Saya bahas ntar ya...

No comments:

Post a Comment