Sunday, October 21, 2012

Doyan makan walau kemoterapi



Kecintaan saya terhadap makanan tidak hanya sampai mulut saja, terlebih saya bersyukur bukan golongan yang mengkriteriakan makanan menjadi dua yaitu enak dan enak sekali. Tapi bukan berarti saya menjadi pemakan yang benar pilih pilih. Contoh, dahulu waktu saya belajar dietetik (ilmu membuat makanan orang sakit) pasti makanan yang saya masak selalu saya coba habisi. Walaupun makanan yang dibuat hanyalah bubur nasi tanpa rasa dan ati rebus tentunya tanpa vetsin. Selain mubazir ternyata hal tersebut membantu saya waktu recovery dari pengobatan di tahun 2011 tanpa menjadi pasien yang susah makan.

Banyak sekali memang penyebab mengapa orang yang sakit menjadi sulit makan. Diantaranya ada yang tidak berfungsi normalnya papila pada lidah yang menyebabkan timbulnya rasa pahit atau memang air liurnya tidak keluar terlalu banyak. 

Nah kalau sudah begitu bagaimana cara mengatasinya?

Lose appetite atau kehilangan nafsu makan tidak saja hanya disebabkan kemoterapi kan? Bisa jadi demam sedikit aja udah manjan maunya minta macam-macam. Nah, maka dari itu mulai dari sekarang, cobalah untuk bsa menerima rasa makanan yang tidak begitu banyak berbumbu atau malah hambar sama sekali. Disini, maksudnya hanya untuk melatih lho, bukan dibiasakan setiap hari. Bayangkan apabila sebenarnya makanan kalian sudah berbumbu tapi karena kondisi fisiologis yang tidak baik jadinya tidak bisa makan dengan lahap. Akibatnya malah tidak makan lalu kekurangan gizi dan penyembuhan dari penyakit jadi tambah lama.

Nah, kalau sudah terlanjur sakit, bagaimana ya?

- Setiap bangun pagi langsung memakan makanan kecil yang bisa anda makan. Dulu sih saya minum susu protein yang dicampurkan dengan jus. Selain rasanya enak, dingin, dan mudah dihabiskan dengan beberapa kali sedot.
- Makan lah dengan porsi yang sedikit tetapi sering. Sehingga anda tidak enek atau mual apabila langsung dihidangkan banyak makanan.
- Terapkan pola berpikir "apabila saya tidak makan, saya tidak memiliki energi !"
- Perbanyak makan-makanan yang mengandung protein seperti susu, telur, dan produk olahannya.
- Stop dulu makanan yang banyak mengandung pengawet. Walaupun enak, tapi Anda harus berpuasa dahulu beberapa saat.

No comments:

Post a Comment