Wednesday, September 12, 2012

Harry potter exhibition (marina bay singapore)

Holla, kali ini saya posting tentang kunjungan singkat ke Art and Science museum di Marina Bay Sands. Beberapa bulan sekali eksibisinya berganti-ganti. Sebelumnya pernah ada titanic, wreck ship atau kapal karam, van gogh, dan lainnya. Saat ini yang lagi ngetrend adalah pameran harry potter yang berdampingan dengan Andy Warhol.




Tiketing untuk masuk ke pameran ini dilakukan per jam. FYI tiketnya itu pakai sistem barcode untuk pintu masuk dan keluarnya. Jadi jangan sampai ilang ya pas di dalem pameran. Animo pengunjung yang dateng cukup banyak sih, tapi gak sampai membeludak hingga pameran penuh sesak. Begitu kita masuk, sudah terpampang mobil angella ford yang menjadi bulan bulanan Ron Weasley di Harry Potter and the Chamber of Secret digantung di atas atap-atap. 



Sebelum masuk, mbak-mbaknya udah sigap nawarin pengunjung buku tentang pameran itu, terus dia bilang "di dalem gak boleh foto-foto lho, makanya beli aja". Sigh, saya yang bukan fans berat Harry Potter sih gak beli juga, kalau bisa dijual balik di Indonesia dengan harga double si gapapa hehehe. Setelah masuk, nanti akan ada sesi foto pakai shawl warna merah atau kuning khas karakter waktu nonton quidditch yang bisa dibeli fotonya saat pulang nanti. Kemudian dilanjutkan dengan menunggu di sebuah lorong yang dipenuhi dengan tujuh poster film Harry Potter.


Begitu di dalem, ada ibu-ibu singapur gemuk, berambut panjang terurau, dan berjubah menyambut para pengunjung. Ternyata ini adalah sesi sorting hat para pengunjung untuk dipilih rumah asramanya. Yang boleh nyoba cuma dua sih. Waktu saya ada dua yang memberanikan diri. Satu perempuan asal Mesir yang kepilih untuk masuk Revenclaw, satunya lagi turis asal Jepang yang namanya Natsumi. Ya, stereotype jepang, mereka bisa bahasa Inggris dengan dialek jepang juga. Pas ditanya "Do you know the houses?" "Yes, i am 20 years old" Gubrak.... Akhirnya dia kepilih jadi Hufflepuff.

Nah pas di dalem, banyak kostum pemeran film ini dan pernak perniknya dipajang. Beberapa desain interiornya juga dibuat sama. Ruangannya mencakup forbidden forest, pintu masuk ke gryffindor, honey dukes, dan lain-lain (sayang ministry of magic tak ada). Salah satu ruangan yang saya suka adalah gubuknya Hagrid dengan kursi setengah raksasa yang bisa kita cobain di dalemnya. Tempatnya cozy aja gitu buat males-malesan, dibanding dengan kamarnya Harry Potter di menara Gryffindor yang tempat tidurnya mentok sampai kaki saking kecilnya (walau gak boleh ditidurin sih). Selain itu ada beberapa item yang bisa dicobain kaya narik mandrake dari tanah (dan pas naik teriak kenceng banget dan lagi-lagi si Natsumi masuk keluarin tuh mandrake), dan ada miniature gawang quidditch yang bisa dimasukin sama quaffle oleh pengunjung. Akhir dari pameran ini kita masuk ke toko souvenir Harry Potter. Ada yang jual shawl, kupluk, kaos, frig chocolate, permen every flavor, tongkat sihir, dllnya.




Overall karena saya bukan fans berat dan ditambah gak boleh foto di dalem (walau untuk beberapa room aja gitu) yaa jadinya keseruan pameran berkurang... Nah pas di Marina Bay Sands mallnya ada ini yang bebas untuk difoto dan dipajang diblog. Salah satu kuda yang ada di film pertama.




No comments:

Post a Comment