Monday, August 27, 2012

Kontroversi ibadah dan etika di islam

Dari dulu kecil sampai sekarang banyak sekali jenis ibadah yang bisa kita jalankan untuk mendekatkan diri pada Allah. Dulu pasti yang diajarkan itu shalat, puasa, zakat, baca quran, dan doa doa. Jenisnya pun macam macam sesuai dengan syaratnya dan bisa dipelajari di kitab atau buku buku.

Kebanyakan dari kita melakukan apa yang sudah dijalankan sebelumnya. Gak mungkin, saya waktu sd shalat 23 rakaat kalau tarawih sedangkan imam di mushala cuma 8. Atau gak mungkin saya pakai celana basket buat shalat di mesjid karena orang-orang pasti pada risih walaupun itu udah nutupin sampe lutut. Pasti ada rasa sedikit gak pede karena di indonesia ada budaya pakai sarung.

Saat ini banyak orang yang bilang bid'ah inilah bid'ah itulah. Bid'ah itu apa sih? Wikipedia menjelaskan segala sesuatu yang gak diajarin sama rasul. Berarti naik haji juga mesti naik unta? Banyak banget golongan-golongan tertentu yang ngejalanin kehidupan ini dengan mengkotak-kotakan sesuatu yang akhirnya mendeskreditkan orang-orang lain.

Kalau bid'ah adalah hal yang tidak dicontohkan rasul. Menurut penjelasan yang saya denger dari sini. Rasul tuh gak penah ngejalanin shalat tharawih jama'ah di masjid. Tapi masyarakat sekarang aja yang ngebuat itu menjadi suatu yang wah. Nah.. Berati bid'ah bukan? Apakah yang suka ikut aliran bid'ah-bid'ah masih mau tharawihan? Inti yang saya tangkap dari kajian si Pak Husein Alatas, selama kegiatan tersebut baik, meningkatkan ketakwaan kepada Allah, dan tidak bertentangan dengan alqur'an dan hadist ya gak apa-apa.

Contoh lain kayak tradisi beli dan tabur bunga di makam. Ya di arab kan gak ada bunga toh. Lagian, membeli bunga sebagian besar adalah kepuasan batin tersendiri dari si pelayat. Masyarakat pun jadi bisa memiliki mata pencaharian lain. Begitu juga dengan adat sekian harian untuk ngadain yasinan ketika seseorang habis meninggal. Memang tidak dicontohkan, tapi selama si yang punya hajat tidak merasa keberatan ya gak apa-apa. Toh isi acaranya juga baca yasin. Kalau gak ada sekian harian belom tentu baca yasin lho.

Hal selanjutnya adalah etika berdasarkan hadist yang bilang kalau pakai celana itu harus di atas mata kaki. Yang pakai di bawah itu orang-orang sombong. Nah sekarang gini, kalau ada orang yang pakai celana ngatung kira-kira ada perasaan lebih baik gak dibanding kaum yang tidak ngatung? Bukannya perasaan itu condong banget ke arah kesombongan?

Hadist itu gak bisa dikaji cuma dengan dibaca dan dirapin plek. Bahkan katanya pertanyaan yang sama bisa dijawab yang berbeda sama Rasul. Disesuaikan dengan sikon orang yang nanya waktu itu. Jadi siapakah orang sombong yang dulu dimaksud?

Jadi dulu perekonomian sempat naik turun. Celana pun mesti buat ke tukang jahit. Yang berati kalau ekonomi arab lagi down, orang dengan celana lebih panjang menunjukkan dia ngeluarin duit lebih untuk beli bahan lebih banyak. Jadi pas shalat keliatan banget gap antara si ngatung dan tidak. Itulah yang dimaksud orang sombong. Sekarang berapa banyak sih orang yang buat celana di tukang jait?

Tulisan ini cuma secuplik kecil yang saya dapet, lengkapnya bisa klik ke link tadi. Have a nice day everyone.

1 comment: