Thursday, August 16, 2012

Puff pastry edaaan

Mengambil jurusan gizi tentunya nyolek dikit pelajaran tepung tepungan ini di mata kuliah kulinari. Sayang waktu itu cuma sekali praktek. Kelompok gua kebagian steam banana chocolate brownies. Ada yang kebagian dapet kastengel, roti, selai nanas, puding, dan lainnya.

Nah, kalau roti pernah waktu itu buat satu atau dua kali. Waktunya lama bener. Kita mesti sabar nungguin si ragi ngembang. Belum lagi ngelempar bak nabok orang waktu ngadonnya. Setelah itu saya beralih ke pizza instan. Yang namanya instan, ya cuma tinggal tambahin telur sama air dingin sih. Tapi masih keinget begitu joroknya gua buat makanan makanan itu. Tepung yang basah kemana mana. Udah gitu ngeberesinnya lelet.

Nah, karena merasa membuat roti dan pizza itu menguras tenaga jadi saya beralih ke cookies menjadi cookery. Kalau kata saya, lebih mudah dibanding dengan cake decorating atau baker. Banyak metode yang bisa dipakai untuk membuat cookies. Saya paling suka teknik cetak mencetak. Kalo pakai spuit, belum dibiasakan.

Tapi teman tahukah kamu bahwa membuat puff pastry itu adalah pekerjaan otot terberat. Saya merasa seperti mengarungi lautan sewaktu menggilas gilas korsvet yang sudah dibalut dough atau adonan rotinya. Mana waktu itu saya belum tau kalau korsvert harus dalam kondisi suhu ruang.

Korsvet yang kondisi super dingin sangat keras. Jadi saya harus menngilas seperti construction man. Terkadang ada yang bocor, lalu saya tambal. Pokoknya heboh deh malem itu. Alhamdulillah hasilnya ada, walau masih harus banyak diimprove.

Untuk info resep bisa klik: mellyloveskitchen.blogspot.com/2011/01/puff-pastry.html 
Info video saya pakai: http://www.youtube.com/watch?v=Zg-ybzGok3U

No comments:

Post a Comment